Media Pembelajaran Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.40Keywords:
Media pembelajaran, Pendidikan IslamAbstract
Dalam sebuah rangkaian proses pembelajaran, kehadiran alat/media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut, ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Media pembelajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan pembelajaran”. Dikatakan juga bahwa, Alat/Media merupakan sarana yang membantu proses pembelajaran terutama yang berkaitan dengan indera pendengaran dan penglihatan, bahkan adanya alat/media tersebut dapat mempercepat proses pembelajaran peserta didik karena dapat membuat pemahaman peserta didik lebih cepat dalam menyerap materi pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pembelajaran. Sebagai alat bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan pembelajaran. Media adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka meningkatkan efektifitas komunikasi dan interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran Islam di madrasah maupun di sekolah.
References
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Hamalik, Oemar. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1989.
Mustikasari, A. “Mengenal Media Pembelajaran.” On Line at Http://Edu-Articles. Com …, 2008.
Mahmud, Metode penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Salahuddin, Mahfud. Media Pendidikan Islam. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1986.
Sanaky, Hujair. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009.
Sudjarwo. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT. Mediyatama Sarana Perkasa, 1989.
Usman, Basyiruddin, and Asnawir. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
							



