Upaya Guru dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Swasta IT Sunnah An-Najah
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.37Keywords:
Pembelajaran, Daring, Covid-19Abstract
Akibat Pandemi Covid-19 Belajar dari rumah menjadi sebuah keharusan, pada prosesnya pembelajaran dilakukan dari jarak jauh melalui media teknologi. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di TK Swasta IT Sunnah An-Najah. Metode yang digunakan yakni menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan yakni dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi, display dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru terus berupaya memberikan yang terbaik, melalui berbagai kegiatan, dengan menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran yang menyenangkan, mencari inovasi-inovasi baru. Salah satunya dengan melalui kompetisi dan kuis serta pemberian reward dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar.
References
Albert Efendi Pohan. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Samu Untung.
Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Basicedu, 5(5), 3791–3798. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1402/pdf
Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya, 3(1), 74–92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2046
Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Didaktika, 20(1), 69–82. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/download/3859/3825
Surat Keputusan Bersama Tentang, Pub. L. No. 01/KB/2020, 1 (2020). https://lldikti13.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/06/Lampiran-SKB-4-Menteri-Pdf-1.pdf
Surat Edaran Mendikbud, Pub. L. No. 4 Tahun 2020, 1 (2020). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Ngurah, D. L. L., & Wayan, I. L. (2017). Bagaimana Melakukan Penilaian Proses Pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri? Journal Of Education Technology, 1(4), 224–230. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/download/12858/8126
Kepres, Pub. L. No. 11 Tahun 2020, 1 (2020). https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176084/Keppres_Nomor_11_Tahun_2020.pdf
Perpres, Pub. L. No. 21 Tahun 2020, 1 (2020). https://covid19.go.id/p/regulasi/pp-no-21-tahun-2020-tentang-psbb-dalam-rangka-penanganan-covid-19
Retno Tri Wulandari. (2017). Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. JUrnal Pendidikan, 1–18. http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/PEMBELAJARAN-OLAH-GERAK-DAN-TARI-UNTUK-ANAK-USIA-DINI.pdf
Santinah. (2016). Konsep Strategi Pembelajaran Dan Aplikasinya. Holistic, 1(1), 13–25. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/download/628/549
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73–82. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144/115
Tim Prima Pena. (n.d.). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Gitamedia Press.
Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35–56. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721/4066
Zainal Arifin. (2016). Penelitian Pendidikan, Metode dan Paradigma Baru (Ke-3). PT Remaja Rosdakarya.
Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan susu. Al-Ikhtibar, 7(2), 809–820. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/download/1787/1178/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


