Judul Artikel Analisis Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Husrin Konadi IAIN Takengon
  • Syarifah Ainy Rambe IAIN Takengon

Keywords:

manajemen kelas, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel diambil berdasarkan makna dan tujuan tertentu, sehingga sampel pada penelitian ini  sebanyak 30 orang siswa kelas II MIN 10 Aceh Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah dilakukan manajemen kelas. Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa terdapat kenaikan setelah diberikan manajemen kelas, Pada kategori sangat rendah menunjutkkan adanya 1 orang yang memiliki hasil belajar sangat rendah atau sebanyak 3.5%, sementara setelah diberikan manajemen kelas tidak terdapat kategori sangat rendah. Kemudian pada kategori rendah terdapat 8 orang atau sebanyak 26.6% yang memiliki hasil belajar rendah dan setelah diberikan manajemen kelas hanya terdapat 1 orang yang memiliki kategori rendah hasil belajarnya. Sementara itu pada kategori sedang terdapat 33.3% atau 10 orang yang memiliki katagori sedang sebelum dilakukan manajemen kelas, dan setelah dilakukan manajemen kelas terdapat 40% atau sebantak 12 orang yang memiliki kategori sedang hasil belajarnya. Pada kategori tinggi sebelum dilakukan manajemen kelas terdapat 6 orang atau sebanyak 20% yang memiliki hasil belajar yang baik, setelah dilakukan manajemen kelas kategori tinggi terdapat 10 orang atau sebanyak 33.3% yang memiliki hasil  belajar yang bagus. Pada kategori sangat tinggi terdapat 5 orang atau sebanyak 16.6% yang memiliki hasil belajar yang bagus, dan setelah diberikan manajemen kelas terdapat 7 orang atau sebanyak 23.3% yang memiliki kategori sangat tinggi hasil belajarnya. Dengan demikian terdapat peningkatan antara sebelum diberikan manajemen kelas dengan sesudah diberikan manajemen kelas.

References

Arikunto Suharmisi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta,. ← Book

Arbangi, Dakir, dan Umiarso. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia. ← Book

Afandi Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press. ← Book

Darmadi Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep Dan Implementas. Bandung :CV Alfabeta. ← Book

Efendi Rinja, Gustriani Delita. 2020. Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media. ← Book

Hadi Amirul. 2015. Metode Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. ← Book

Kusumawati Naniek, Maruti Ending Sri. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. Media Grafika. ← Book

Rusyan Tabrani, Winarni Wiwin, dan Hermawan Asep. 2020. Seri Pembaharuan Membangun Kelas Aktif Dan Insfiratif. Yogyakarta: CV Budi Utama. ← Book

Slameto. 2020. Teori, Model, Prosedur Manajemen Kelas, Dan Efektifitasnya. Jakarta: CV Penerbit Qiara Media. ← Book

Sunaengsih Cucun. 2017. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press. ← Book

Syahputra Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing. ← Journal

Sutiah. 2019. Budaya Belajar Inovasi Pembelajaran PAI. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. ← Book

Sugono Bambang. 2000. Metode Penelitian Hokum. Jakarta: Raja Grafindo. ← Book

Widiasworo Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press. ← Book

Wijaya Novan Ardy. 2013. Manajemen Kelas Teori Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Jakarta:Ar-Ruzz Media. ← Book

Yudha Rahmat Putra. 2018. Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Kalbar: Yudha English Gallery. ← Book

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Konadi, H., & Rambe, S. A. (2022). Judul Artikel Analisis Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 11(2), 80–84. Retrieved from https://www.journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/45