Meningkatkan Motorik Halus Anak di Tk Annisa Segene Balik Kabupaten Aceh Tengah

Authors

  • Suminah IAIN Takengon
  • Yulia Ristiana IAIN Takengon

Keywords:

Motorik-Halus-Anak

Abstract

Taman Kanak- kanak Annisa Segene Balik Kecamatan Kute Panang Kabupaten Aceh adalah Tengah salah satu Taman kanak yang berada di wilayah tengah Aceh, dari pengamatan sementara dari jumlah 10 anak belum maksimal perkembangan fisik motorik halus anak. Berdasarkan permasalahan tersebut dan mengingat betapa pentingnya mengembangkan motorik halus anak bagi keberhasilan anak di masa yang akan datang maka sangat perlu sekali upaya meningkatkan motorik halus anak sejak dini. Tujuan dari penlitian ini adalah Untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus di TK Annisa Segene Balik Kabupaten Aceh Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif . Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain menggunakan metode: Pertama, dokumentasi, wawancara mendalam (indepth interview),  observasi (pengamatan), Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penilaian awal sebelum pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak sangat rendah. Dimana ketercapaian metode pembelajaran yaitu 44% kategori kurang. setelah  di adanya kegiatan fisik motorik halus sudah ada peningkatan adanya peningkatan yakni 50 % kategori baik. dengan melihat indikator pencapaian motorik halus seperti, memegang, menggosok, mengontrol mata dan tangan, menjiplak bentuknya yang di berikan dengan bantuan guru melalui bimbingan di mulai dari awal kegiatan sampai kegiatan akhir.

References

Afandi, A. Buku Ajar Pendidikan Dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Arikunto, S. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 2005.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: PT Sigma Exmedia Arkanleena, 2009.

Dimyati, J. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada PAUD. Jakarta: Kencana, 2014.

Endayanti, S. I. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce. “Skripsi”. Yogyakarta, 2013.

Erliansyah, R. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membentuk Dengan

Playdough Anak Usia 4-5 Tahun, “Skripsi”. Yogyakarta: 2016.

Indrijati, H. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Kencana, 2016.

Khadijah, dan Amelia, N. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2020.

Khasanah, I. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak (Mengecap)”, Skripsi, Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Khotimah, L. F. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok B Melalui Kegiatan Mencetak”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jember 2016-2017.

Margono. Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003. Nusantara, G. Panduan Praktis Cetak Sablon. Tanggerang: PT. Agromedia Pustaka, 2004.

Putra, W. Menghadirkan Lembaga Paud Ideal. Aceh: CV. Media Utama, 2012.

Rahman, T. Aplikasi Model Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : CV Pilar Nusantara : 2018.

Samsudin. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak Kanak. Jakarta: Litera Media Group, 2008.

Shindy, M., Rukiah, Y., dan Nurcahyawati, E. Teknik Sablon Dengan Lem Sebagai Alternative Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Guru Tk. “Jurnal”. PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.01, No. 1.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung, 2015.

Sukmadinata, S. N. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Roadakarya, 2010.

Sumantri. Model Pengembangan Ketermpilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti, 2005.

Wahyuni, N. N. R., Asri. I.G.A. A., dan Suniasih, N.W. “Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak”. e-Jurnal. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 No 1 Tahun 2014.

Wardani, R.I. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Media Plastisin, “Skripsi”. Lampung, 2017.

Wiriaatmadja, R. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Wulandari, N. M. A. et al. “Penerapan Metode Demontrasi Berbantuan Media Bahan Alam Dengan Teknik Mencetak

Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak”. e-Jurnal. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 No 1 Tahun 2015.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Suminah, S., & Yulia Ristiana. (2022). Meningkatkan Motorik Halus Anak di Tk Annisa Segene Balik Kabupaten Aceh Tengah . Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 11(2), 92–95. Retrieved from https://www.journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/68